A.
Pengertian
Transaksi
Transaksi
dalam akutansi adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi dapat diukur dengan
uang,istilah transaksi keuangan dalam dunia bisnis akan terjadi
peristiwa-peristiwa yang dapat dinilai dengan uang . peristiwa tersebutlah yang
disebut dengan istilah transaksi keuangan .
B.
Dokumen
Dan Analisis Transaksi
Buku
jurnal atau disebut juga sebagai buku harian, karena dilakukan setiap hari
kerja. Untuk mencatat dokumen kesebuah
buku harus dilakukan analisis yang mengakibatkan bertambah atau berkurang dalam
suatu pos tertentu.
C.
Persamaan
Dasar Akutansi
Salah
satu teoti akutansi menyatakan bahwa praktik akunting didasari pada double
entry bookkeepinhg, dimana pencatatan dilakukan pada dua sisi yaitu sisi kanan
dan sisi kiri. Kedua sisi tersebut
disajikan dalam sebuah persamaan matematika X=Y . persamaan dasar
akutansi (accounting equation) tampak sebagai berikut .
AKTIVA (A) =
KEWAJIBAN (L) + EKUITAS (E)
|
Aktiva
(assets) merupakan kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan baik bersifat Nampak
(tangible) maupun bersifat tidak Nampak (intangible).
Kewajiban
(liabilities) merupakan sesuatu kewajiban yang harus diselesaikan pembayarannya
. misalnya:
·
Utang usaha
·
Utang beban
·
Utang pajak
·
Utang bank dan
kewajiban lainnya
Ekuitas
aalh setoran pemilik perusahaan dan laba bertambah akibat setoran pemilik dan
laba berkurang akibat pengambilan pemilik atau pembagian devinden.
EKUITAS = SETORAN
PEMILIK (C) + PENDAPATAN (R) - BEBAN (E) – PENGAMBILAN (W)
|
Berdasarkan
formula pertama an kedua, maka persamaan dasar akutansi akan menjadi sebagai
berikut :
A = L + C + R – E - W
|
Dimana
:
A
= Assets (harta)
L
= Liabilities (utang atau kewajiban)
C
= Capital (modal/setoran pemilik)
R=
Revenue (pendapatan)
E
= Expenses (beban)
W
= Withdrawals (pengambilan pribadi)
D.
Persamaan
Dasar Akutansi Dan Laporan Keuangan
Perusahaan
harus membuat laporan keuangan antara lain berupa laporan laba rugi , laporan
perubahan ekuita dan laporan neraca . laporan laba rugi adalah laporan yang
disusun secara sistematis tentang pendapatan an beban-beban padda prioe
tertentu .
Laporan
perubahaan ekuitas adalah laporan yang disusun secara sistematis tentang
ekuitas awal ditambah laba prioe ini dan dikurang dengan rugi an pengambilan
pribadi untuk priode tertentu
Laporan
neraca adalah laporan yang disusun secara sistematis tentang harta,kewajiban
dan ekuitas paa saat tertentu .
Ketiga
laporan keuangan tersebut tersusun secara berurutan mulai dari laporan
laba-rugi laporan perubahan ekuitas dan laporan neraca .
Pengarang
:
Drs. Mursyidi, S.E.,
M.Si.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar