Senin, 29 Oktober 2012

TRANSAKSI DAN PERSAMAAN DASAR AKUTANSI

A.   Pengertian Transaksi
Transaksi dalam akutansi adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi dapat diukur dengan uang,istilah transaksi keuangan dalam dunia bisnis akan terjadi peristiwa-peristiwa yang dapat dinilai dengan uang . peristiwa tersebutlah yang disebut dengan istilah transaksi keuangan .
B.   Dokumen Dan Analisis Transaksi
Buku jurnal atau disebut juga sebagai buku harian, karena dilakukan setiap hari kerja. Untuk mencatat  dokumen kesebuah buku harus dilakukan analisis yang mengakibatkan bertambah atau berkurang dalam suatu pos tertentu.
C.   Persamaan Dasar Akutansi
Salah satu teoti akutansi menyatakan bahwa praktik akunting didasari pada double entry bookkeepinhg, dimana pencatatan dilakukan pada dua sisi yaitu sisi kanan dan sisi kiri. Kedua sisi tersebut  disajikan dalam sebuah persamaan matematika X=Y . persamaan dasar akutansi (accounting equation) tampak sebagai berikut .
AKTIVA (A) = KEWAJIBAN (L) + EKUITAS (E)

Aktiva (assets) merupakan kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan baik bersifat Nampak (tangible) maupun bersifat tidak Nampak (intangible).
Kewajiban (liabilities) merupakan sesuatu kewajiban yang harus diselesaikan pembayarannya . misalnya:
·         Utang usaha
·         Utang beban
·         Utang pajak
·         Utang bank dan kewajiban lainnya
Ekuitas aalh setoran pemilik perusahaan dan laba bertambah akibat setoran pemilik dan laba berkurang akibat pengambilan pemilik atau pembagian devinden.
EKUITAS = SETORAN PEMILIK (C) + PENDAPATAN (R) - BEBAN (E) – PENGAMBILAN (W)

Berdasarkan formula pertama an kedua, maka persamaan dasar akutansi akan menjadi sebagai berikut :
A = L + C + R – E - W

Dimana :
A = Assets (harta)
L = Liabilities (utang atau kewajiban)
C = Capital (modal/setoran pemilik)
R= Revenue (pendapatan)
E = Expenses (beban)
W = Withdrawals (pengambilan pribadi)

D.   Persamaan Dasar Akutansi Dan Laporan Keuangan
Perusahaan harus membuat laporan keuangan antara lain berupa laporan laba rugi , laporan perubahan ekuita dan laporan neraca . laporan laba rugi adalah laporan yang disusun secara sistematis tentang pendapatan an beban-beban padda prioe tertentu .
Laporan perubahaan ekuitas adalah laporan yang disusun secara sistematis tentang ekuitas awal ditambah laba prioe ini dan dikurang dengan rugi an pengambilan pribadi untuk priode tertentu
Laporan neraca adalah laporan yang disusun secara sistematis tentang harta,kewajiban dan ekuitas paa saat tertentu .
Ketiga laporan keuangan tersebut tersusun secara berurutan mulai dari laporan laba-rugi laporan perubahan ekuitas dan laporan neraca .




Pengarang :
Drs. Mursyidi, S.E., M.Si.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar